22.9.11

Install Gnome Classic di Ubuntu 11.10

Berbeda dengan Ubuntu 11.04 yang walaupun menggunakan default antar muka desktop Unity tapi masih menggunakan Gnome Classis sebagai fallback mode jika kartu grafis tidak mendukung, Ubuntu 11.10 hadir dengan desktop Unity yang menggunakan Unity 2D (berbasis QT) sebagai fallback mode. Lalu bagaimana seandainya kerinduan akan antar muka gnome classic yang telah menemani pengguna setia Ubuntu selama bertahun-tahun itu muncul, dapatkah pengguna berjumpa kembali denganya pada Ubuntu 11.10 hehee tentu saja bisa karena Ubuntu 11.10 masih menyediakan gnome panel classic pada daftar aplikasi yang dimilikinya, walaupun belum selengkap gnome classic yang telah ada sebelumnya. :-D


Memasang Gnome Classic melalui terminal
Pastikan sistem terhubung ke internet untuk mengunduh paket yang dibutuhkan dan sebelumnya perbarui (update) dahulu daftar paket aplikasi yang tersedia pada lumbung paket (repository)

sudo apt-get update

untuk memasang Gnome Classic melalui terminal jalankan perintah berikut

sudo apt-get install gnome-session-fallback

Memasang Gnome Classic melalui Terminal

Memasang Gnome Classic menggunakan Ubuntu Software Center
Untuk memasang Gnome Classic menggunakan ubuntu software center ketikan "gnome fallback' pada kolom pencarian, seperti pada gambar.

Memasang Gnome Classic menggunakan Ubuntu Software Center
Jika telah selesai memasang , Logout system dan pada jendela LightDM pilih "GNOME classic" atau "GNOME Classic (No Effects) - tanpa efek compiz" . GNOME classic sendiri merupakan fallback mode dari GNOME Shell apabila kartu grafis yang digunakan belum didukung.

Pilih Gnome Classic atau Gnome Classic (No effects) untuk menggunakan
Gnome Panel (Classic) sebagai antar muka

Screenshot Gnome Classic pada Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot Beta 1

Gnome Panel (Classic) - pada Ubuntu 11.10
Gambar 1
Gnome Panel (Classic) - pada Ubuntu 11.10
Gambar 2
Gnome Panel (Classic) - pada Ubuntu 11.10
Gambar 3
Gnome Panel (Classic) - pada Ubuntu 11.10
Gambar 4
Jika diperhatikan pada gambar diatas maka ada yang hilang pada default menu gnome panel pada ubuntu 11.10 dibandingkan Gnome panel pada ubuntu versi sebelumnya, yaitu tidak adanya menu system . Untuk menambahkan  item baru dan konfigurasi pada panel  bisa dilakukan dengan menekan tombol alt+klilk kanan mouse pada panel.
Menambahkan item baru pada panel (alt+klilk kanan mouse)

Selamat Mencoba, semoga bermanfaat...
hi.. hi.. hi...

No comments:

Post a Comment